Tuesday, April 23, 2013

kosa kata sehari-hari dalam bahasa jepang

Greetings


はじめまして
Perkenalkan, Senang Bertemu denganmu! (digunakan U/ perkenalan)
Hajimemashite!
おはよう           
Selamat Pagi
ohayou.
こんにちは                                         
Selamat siang
konnichiwa.
今晩             

Selamat Sore/Selamat malam
Konbanwa.
みなさい              

Selamat Malam/Selamat tidur(digunakan pada saat mau tidur)
O yasumi nasai.
さようなら         
Selamat Tinggal                
sayounara.
バイバイ          
Bye!                                  
Baibai
じゃね / またね 
Sampai Jumpa!               
Ja ne ! / Mata ne!
またいましょう 
Sampai Jumpa Lagi!        
Mata aimashou
Politeness/Basics


ごめんなさい      
Saya (sangat) minta maaf    
Gomen  nasai
すみません       
Permisi                                
sumimasen.
()元気ですか    
Bagaimana kabarmu ?        
(O) genki desu ka.
おかげさまで  
Sangat baik, terima kasih sudah bertanya 
o kage-sama de
元気です       
Saya baik-baik saja                
Genki desu
大事         
Hati-hati ya.                           
o daiji ni.
おひさしぶり (です)
Sudah sekian lama                 
o hisashiburi (desu)
はい            
Ya                                               
Hai
いいえ                                                                
Tidak
Iie
ありがとう                                         
Terimakasih 
Arigatou
どういたしまして         

Sama-sama/tak usah sungkan     
Dou itashimashite!
いします                                                     
Mohon
Onegai shimasu
結構です                    
Tidak, terimakasih!                   
Kekkou desu!
どうぞ                                                               
Silahkan
Dozo
ちょっとってください    
Tunggu sebentar, ya            
Chotto Matte kudasai
失礼します                            

Permisi (jika mengganggu seseorang)
Shitsurei shimasu
邪魔します             

Maaf mengganggu (dikatakan jika memasuki rumah)
O jama shimasu
きます                   

Mari makan! (dikatakan pada diri sendiri dan bukan untuk yang lain) 
Itadakimasu
ごちそうさまでした

Terimakasih atas makanan yang enak ini!
Gochiso sama deshita
Special events


おめでとう                          
Selamat!                                  
Omedeto !
誕生日おめでとう              
Selamat Ulang tahun!           
o tanjoubi omedeto.
けましておめでとう          
Selamat tahun baru!             
Akemashite omedeto
いお                          

I wish you a Happy New Year   
yoi o-toshi wo.
一日                          
Have a nice day!                    
Yoi ichinichi wo!
元気でね     

Semoga beruntung/berhasil (untuk masa depan)! 
Genki de ne!
Basic needs


おなかがすいた
Saya lapar
Onaka (ga) suita!
のどがかわいた
Saya haus
Nodo (ga) kawaita
れた
Saya lelah/kelelahan!
Tsukareta
です
Saya mengantuk
Nemui (desu)
手洗いはどちらですか
Dimana toiletnya?
O tearai wa dochira desu ka?
Communication


いくらですか
Berapakah harganya?
Ikura desu ka?
どちらですか
Dimana jalannya ?
Dochira desu ka
わかりますか
Apa kamu mengerti?
Wakarimasu ka?
どちらのご出身ですか
Darimana asalmu ?
Dochira no go shusshin desu ka?
何時からまりますか
Jam berapa mulainya?
Nanji kara hajimarimasu ka?。。。
しています
Saya sedang mencari ......
o sagashite imasu
日本語がわかりません

Saya tidak mengerti bahasa Jepang
Nihongo ga wakarimasen
Sedikit
Sukoshi
わかります
Saya Mengerti
Wakarimasu
わかりません
Saya tidak Mengerti
Wakarimasen
っています
Saya tahu
Shitte imasu
りません
Saya tidak tahu
Shirimasen
これはですか
Apakah ini?
Kore wa nandesu ka?
どういう意味ですか

Apakah artinya/maksudnya?
Do iu imi desu ka?
日本語でなんといますか
Bagaimana mengatakannya dalam bahasa Jepang?
Nihongode nanto iimasu ka?
英語でなんといますか

Bagaimana mengatakannya dalam bahasa Inggris?
Eigo de nanto iimasu ka?
もう一度言ってさい
Tolong ulangi lagi donk
Mo ichido itte kudasai
ゆっくりしてさい

Bisakah kau berbicara lebih pelan!
Yukkuri hanashite kudasai!
している
Aku cinta kamu
Ai shiteru


    

No comments:

Post a Comment